2022 – Pengadaan Konsultan Peningkatan Pelayanan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022

1.Pengguna Jasa:Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
2.Nama Paket Pekerjaan:Pengadaan Konsultan Peningkatan Pelayanan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022
3.Lingkup Produk Utama:Pendampingan, Advokasi, Pendidikan, Studi Kebijakan
4.Lokasi Proyek:Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
5.Waktu Pelaksanaan:13 Juli 2022  – 31 Desember 2022 (6 bulan)
6.Uraian Pekerjaan:
Maksud dari kegiatan ini adalah memilih atau pengadaan konsultan pendamping untuk BPMP agar terjadi akselerasi baik secara proses kerja maupun hasil terhadap program-program kerja strategis Kemendikbudristek.
Tujuan dari kegiatan Jasa Konsultansi ini adalah mendukung pencapaian program-program strategis Kemendikbudristek melalui kinerja BPMP agar dapat diterima dan diterapkan di daerah pada seluruh wilayah provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.
Ruang lingkup pekerjaan Pengadaan Jasa Konsultansi ini terdiri atas:
Menyusun Program Kerja berupa melakukan advokasi kebijakan pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Kemudian mengidentifikasi tantangan dan permasalahan implementasi kebijakan Pusat ke Daerah, menyusun program kebijakan advokasi ke Pemerintah Daerah berdasarkan hasil pengukuran mutu (Rapor Mutu), serta memberikan layanan Advokasi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Melakukan pendampingan implementasi program BPMP terutama kebijakan pemerintah pusat dan hasil pengukuran mutu ke pemerintah daerah, kemudian mengidentifikasi program-program BPMP dalam tahun berjalan dan menyusun program dan kegiatan pendampingan BPMP ke daerah.
Pemantauan dan evaluasi implementasi kebijakan pemerintah pusat di daerah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di daerah melalui pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Peningkatan kapasitas BPMP dengan menyiapkan rencana penguatan sumber daya manusia di BPMP terutama, tetapi tidak terbatas pada Tim Kerja BPMP yang akan melanjutkan kegiatan advokasi, pendampingan, serta pemantauan dan evaluasi paska kontrak kerja berakhir. Selanjutnya melakukan pemetaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia BPMP. Lalu menganalisa terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia BPMP. Kemudian, memberikan masukan, untuk pengembangan program, kapasitas dan inovasi layanan BPMP. Melakukan aktivitas kegiatan advokasi, pendampingan, serta pemantauan dan evaluasi dilakukan melalui coaching/mentoring dan pelatihan on the job yang ditujukan kepada widyaprada dan jabatan lain yang relevan. Terakhir, melakukan monitoring dan evaluasi program peningkatan kapasitas sumber daya manusia BPMP.
Mengumpulkan dan menganalisis data yang dibutuhkan untuk advokasi, pendampingan, serta pemantauan dan evaluasi di wilayaha BPMP Provinsi Kalimantan Barat.
Menyusun peta risiko dan usulan mitigasi risiko dalam pelaksanaan advokasi, pendampingan, serta pemantauan dan evaluasi.
Melakukan: (1) Advokasi kebijakan pemerintah pusat ke pemerintah daerah; (2) Pendampingan implementasi program BPMP terutama kebijakan pemerintah pusat dan hasil pengukuran mutu ke pemerintah daerah; (3) Pemantauan dan evaluasi implementasi kebijakan pemerintah pusat di daerah dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan di daerah melalui pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP); (4) Peningkatan kapasitas BPMP; (5) Melakukan sosialisasi dan publikasi terhadap tugas dan fungsi BPMP kegiatan sebagaimana dimaksud pada huruf a,b, dan c dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali per kabupaten/kota.
Mengidentifikasi dan memberikan solusi terhadap hambatan/tantangan yang terjadi dalam pelaksanaan advokasi, pendampingan, serta pemantauan dan evaluasi. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ruang lingkup tersebut bersama-sama Widyaprada dan/atau jabatan lain yang relevan sebagai proses transfer of knowledge. Khusus Team Leader juga bertugas mengkoordinir pelaksanaan ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh anggota konsultan. Membuat Laporan untuk seluruh kegiatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *